Minggu, 14 Juni 2009

INDIA MENANCAPKAN BENDERA DI BULAN



JAKARTA, SENIN - India tidak hanya sukses mengirimkan satelit buatannya Chandrayaan-1 ke orbit Bulan, tapi juga mengirimkan bendera kebanggaan negaranya ke permukaan Bulan. Bukan dalam bentuk bendera sebenarnya melainkan lukisan bendera di sisi-sisi kotak khusus yang dihempaskan ke permukaan Bulan.

Moon Impact Probe dijatuhkan bebas dari Chandrayaan-1 pada Jumat (14/11) lalu dan menghantam permukaan Bulan 25 menit setelah dilepaskan pada pukul 20.31 waktu India. Tumbukan tersebut menghasilkan kawan kecil yang berhasil dipotret Chandrayaan-1.

Kotak seberat 29 kilogram berukuran 375x375x470 milimeter itu memang didesain untuk mengetes momentum akibat tumbukan di permukaan Bulan. Data-data pengukuran akan dijadikan pertimbangan untuk mendesain wahana yang akan didaratkan ke permukaan Bulan kemudian hari.

Peluncuran Chandrayaan 1 yang mengabiskan dana 80 juta dollar AS merupakan misi pendahuluan untuk peluncuran-peluncuran berikutnya. Chandrayaan-2 yang rencananya diluncurkan antara tahun 2010-2012 akan membawa robot penjelajah (rover) Rusia dan sebuah wahana pendarat milik Rusia.

0 komentar:

Poskan Komentar

Qwack..Qwack..(",)o0o
Sumonggo tinggalkan pesyan.komentar..^^a

Template by: